Sebab utama melelehnya lapisan kombinasi warna cat rumah

Lapisan kombinasi warna cat rumah bisa meleleh dan membuat dinding menjadi tidak rata. Lelehan cat ini jika disentuh bisa menempel jad seakan cat belum kering. Lelehnya lapisan cat ini sangat merugikan dan berbahaya juga jika sampai menempel di baju. Sebab utama melelehnya lapisan kombinasi warna cat rumah, yaitu:

– Penggunaan cat terlalu banyak

Penggunaan cat yang terlalu banyak dalam satu pengaplikasian dapat membuat lapisan cat mudah meleleh. Cat yang terlalu tebal membuat lapisan cat meleleh, begitu juga cat yang terlalu tipis. Pengaplikasian cat perlu diperhatikan dengan benar agar kadar cat yang menempel di dinding bisa pas.

– Keadaan dinding terlalu lembab

Melelehnya cat bukan hanya karena kepanasan, tapi justru karena terlalu lembab. Keadaan dinding yang lembab bisa membuat cat meleleh. Biasanya ini terjadi di musim hujan dimana dinding meresap air sehingga menjadi lembab. Kelembaban dinding juga bisa terjadi karena bocor dan lapisan cat yang bersentuhan dengan air terlalu sering. Selain itu dapat juga karena kualitas cat yang kurang baik dan tidak bisa menahan kelembaban di sekitarnya, biasanya jenis cat interior.

– Cat terlalu tipis

Cat yang terlalu tipis juga membuat lapisan cat mudah meleleh. Ketika lapisan cat terlalu tipis, cat tidak bisa menempel dengan baik di dinding dan akhirnya meleleh. Ini juga bisa terjadi karena proses pengecatan dilakukan langsung hanya dalam satu kali. Padahal seharusnya gunakan dulu warna cat dasar untuk melapisi dinding, barulah setelah kering cat lagi dengan warna yang lebih pekat. Selain itu, orang cenderung melakukan pengaplikasian berulang ketika menggunakan cat yang tipis. Misalnya pada pengaplikasian pertama cat tidak terlalu terlihat, kemudian diaplikasikan lagi akhirnya terlalu banyak cat dan cat tersebut nantinya meleleh.

– Kadar alkali yang tinggi

Alkali tampaknya selalu menjadi masalah utama pada cat dinding. Kadar alkali yang dinding mampu membuat cat menjadi meleleh. Melelehnya lapisan cat ini hanya salah satu dari beberapa masalah yang disebabkan oleh alkali. Maka perlu untuk memperhatikan kaar alkali dari dinding sebelum mengecat.

Solusi jika lapisan kombinasi warna cat rumah melunak atau lengket